Baru Saja Menyelesaikan Revisi Film Dokumenter

Wednesday, September 4, 2013

print this page

Film Dokumenter tentang seni tari beladiri "Gong Cik" atau "nCak-nCik". Sejak hampir setahun yang lalu, kami memulai produksi film ini. Sebenarnya kemarin sebelum bulan Ramadhan, film ini sudah selesai dan kami bedah pada acara Megengan 2013 yang sekaligus menjadi ajang pementasan seni Gong Cik dan yang lainnya. Akan tetapi setelah itu kami merevisi sebagian isinya setelah mendapatkan berbagai tanggapan dari teman-teman pegiat seni dan penggemar film di Kabupaten Pati. Kesenian Gong Cik ini adalah seni pertunjukan yang menggabungkan olahraga beladiri, koreografi seni tari, dan musik tradisional. Dulu pernah berjaya pada masanya, lalu redup. Dan suatu ketika teman-teman saya berusaha menghidupkan lagi seni tradisi ini untuk dipertunjukkan dalam acara Gosek Tontonan #10 di kecamatan Trangkil. Kami pun menghubungi para orang tua yang dulu ketika masa mudanya pernah menggeluti kesenian ini untuk sebisa mungkin melatih kami.

Dan akhirnya usaha kami membuahkan hasil. Selain mempelajari, kami juga merekrut adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah untuk ikut mempelajari dan mementaskannya di berbagai acara komunitas kesenian maupun acara di desa kami sendiri seperti pada malam satu Suro atau malam tahun baru Hijriyyah yang sudah bertahun-tahun tak diadakan lagi.

Gong Cik, nCak nCik, Lapak Seni
Pementasan Gong Cik pada acara Lapak Seni di Juwana
Beberapa dokumentasi yang kami kumpulkan dari berbagai acara yang mementaskan Gong Cik, kami gunakan untuk produksi film dokumenter ini. Kami pun menambahi dengan wawancara terhadap para senior kesenian ini, selain itu juga dari pengamat sejarah di komunitas kami. Rencananya kami akan mengikutkan film ini ke Festival Film di Kabupaten Pati dan kemudian ke Provinsi Jawa Tengah.

Link

Selengkapnya tentang Gong Cik:

0 comments: