Migrasi!

Friday, December 27, 2013

print this page

Saya memutuskan untuk menghentikan update blog ini, dan migrasi ke blog baru yang juga merupakan blog personal. Migrasi ini saya anggap sebagai sebuah tanda sebuah keputusan. Yaitu keputusan untuk migrasi ke software-software FOSS (Free and Open Source Softwares). Sama-sama migrasi. Kali ini keinginan saya untuk menggunakan Linux dan aplikasi-aplikasinya jauh lebih kuat ketimbang yang saya lakukan beberapa tahun lalu.

Alasan pindah ke Linux?

Yang membuat saya ingin meninggalkan software-software yang biasa saya gunakan adalah munculnya produk CC (Creative Cloud) dari Adobe yang merupakan pengganti atau penerus produk CS (Creaative Suite). Sistem terbaru dari Adobe ini memungkinkan produk-produk softwarenya (termasuk Photoshop) akan digunakan dengan metode komputasi awan. Maksud komputasi awan adalah pemanfaatan teknologi komputer dan aplikasi berbasis internet, jadi koneksi internetnya harus kenceng.

Apanya yang gak disukai?

Metode pembayarannya...  Kalau versi-versi sebelumnya, jika kita akan menggunakan Photoshop secara legal, kita harus membeli lisensinya. Tapi untuk versi baru ini kita diharuskan membayar berlangganan perbulan. Lalu jika kita berhenti membayar, maka software itu tidak bisa kita gunakan kecuali kalau kita mencurinya dengan melakukan cracking. Metode pembayaran inilah yang saya sangat gak suka. Harga yang dipatok pihak Adobe untuk Photoshop CC adalah 20 dollar perbulan dan dilakukan secara online. Saat ini kita masih bisa menggunakan produk Adobe versi CS, tapi pada saatnya nanti versi CS akan ditinggalkan dan tidak disupport oleh Adobe lagi. Dan kita dipaksa terus membayar untuk menggunakan softwarenya. Mohon maaf, saya tidak bermaksud membenci Adobe, bagaimanapun Photoshop adalah software yang sangat bagus, saya mengakuinya.

Proses migrasi

Memang kita bisa saja menggunakan Photoshop CC atau software Adobe lain tanpa membayar, yaitu menggunakan versi bajakan. Tapi saya tidak tertarik, masa' iya sampai mati mau makai bajakan, saya pilih untuk migrasi ke piranti lunak yang memang para pengembangnya mengikhlaskan untuk digunakan secara bebas. Dan untuk proses migrasi ini juga gak bisa saya lakukan seketika, tapi sedikit demi sedikit dengan tetap berusaha memantapkan niat untuk menyesuaikan diri. Blog yang baru beralamatkan di m-faqeeh.blogspot.com.

0 comments: