Ketika Shortcut di Photoshop Mendadak Lumpuh

Tuesday, January 29, 2013

print this page
Suatu ketika, saya menggunakan sebuah komputer dengan fresh install. Maksudnya komputer lama tapi diinstall ulang. Saya membuka Photoshop dan menggunakannya seperti biasanya. Tapi ada yang terasa aneh, pada waktu-waktu yang tidak ditentukan beberapa shortcut tidak bisa digunakan. Dan kadang juga mendadak shortcut-shortcut tersebut bisa digunakan kembali.



Gini lho kronologisnya :

Keluhan : Tidak bisa melakukan shortcut pada Photoshop untuk akses tool, undo history dan shortcut-shortcut sebagainya.
Dugaan : Kena malware atau sesuatu yang menyebabkan ke-error-an pada keyboard atau ke-error-an pada Photoshop.


Selanjutnya diketahui gejala berikut ini : Gak sengaja melirik ke language bar, ternyata setting layout keyboard pada language bar sering berubah pada posisi Arabic tanpa diketahui oleh user. Ini mengakibatkan tidak bisanya aplikasi shortcut keyboard saat mengoperasikan Photoshop.

Switch Arabic Input

Pertanyaan yang muncul : Jin mana yang usil melakukan switch input language hingga posisi menjadi Arabic yang mengakibatkan tidak bisanya aplikasi shortcut Photoshop?


Kecurigaan yang terwujud : Ketidak sengajaan shortcut (di luar shortcut Photoshop) yang mengakibatkan switch input language ke posisi Arabic.


Langkah yang ditempuh : Masuk ke setting input language, terserah mau masuk lewat mana yang penting nyampe. Lalu masuk ke Preferences > Key Settings. Highlight pada Switch between input languages, lalu masuk Change Key Sequence. Nah di sini ter-set Switch input language secara default menggunakan Left Alt + Shift. Matikanlah opsi ini dengan menghilangkan contreng pada Switch input languages. Maka saat mengoperasikan Photoshop tidak akan ada ketidak sengajaan mengubah input language menjadi Arabic yang mengakibatkan tidak bekerjanya shortcut-shortcut.

Setting Input Language

Highlight Switch between input languages

Uncheck Switch input languages

Kesimpulan lain yang didapat dan tak kalah penting : Kok bisa menggunakan Left Alt + Shift yang tadi mengakibatkan terjadinya Switch input language? Ternyata dikarenakan saat mengoperasikan Photoshop, duplikasi objek ke layer baru dilakukan dengan Alt + Drag. Dan karena tangan kanan pegang mouse, jadi Alt yang digunakan adalah Left Alt, karena lebih dekat dengan tangan kiri. Dan selanjutnya karena objek baru hasil duplikasi ingin ditempatkan berjajar dengan sejajar dengan objek asli, maka dibantulah dengan Shift agar nge-drag-nya gak melenceng. Di sini lah terjadi ketidak sengajaan shortcut Switch input language menjadi Arabic dengan penggunaan Left Alt + Shift tersebut.

2 comments:

  1. Ane belum pernah mengalami yang kayak gitu bro. Ane sering sih pakai photoshop tapi jarang pakai shortcut key.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku pake shorcut key itu asyk lho, tangan kanan pegang mouse, tangan kiri menari-nari di atas keyboard, hehe. Kayak maen gitar, tangan kanan genjreng ato metik, tangan kiri pegang kunci. :D

      Delete