Withdraw PayPal ke Bank Muamalat

Friday, June 24, 2011

print this page
Kemarin, beberapa hari yang lalu maksudnya, saya baru saja mencoba melakukan withdrawal (penarikan dana) dari PayPal ke bank lokal di Indonesia. Yaitu Bank Muamalat dimana saya memakai rekening shar-e. Saya baru pertama kali melakukan ini.


Sebetulnya caranya sama saja dengan withdrawal ke bank lainnya di Indonesia. Tapi berhubung baru pertama kali, wajar kalau takut salah. Dan lebih salah lagi kalau tak berani mencoba. Harus berani ambil resiko, yaitu apabila ada kesalahan, maka PayPal balance akan dipotong Rp. 50.000 IDR. Kalau masih takut ya gak ada gunanya, harus berani mencoba, trial and error. Yang penting akun PayPal kita sudah verified. Dan kemudian menambahkan "akun Bank" kemudian mulai proses tarik dana.
Setelah login, saya masuk ke:

-Profile > Add/Edit Bank Account
-Profil > Tambah/Edit Rekening Bank
Setelah itu, saya dibawa masuk ke tahap pengisian data-data Bank.

  • Negara (country)
  • Nama pada rekening (Name on account), di sini saya harus memasukkan nama saya yang benar-benar sesuai atau sama dengan nama saya pada Bank yang akan saya transferi dana dari PayPal
  • Nama bank (Bank name), di sinilah saya memasukkan Bank Muamalat Indonesia
  • Kode bank (Bank code), tanpa perlu repot-repot, saya mendapatkan kode Bank Muamalat untuk PayPal dengan cara meng-klik tulisan "Apa ini?" / "What's This?" di sampingnya. Dan kemudian muncul daftar kode-kode bank yang siap dipilih, tinggal pilih lalu copy-paste.
  • Nomor rekening (Account number), di sini saya memasukkan nomor rekening saya di Bank Muamalat.
  • Masukkan ulang nomor rekening (Re-enter account number), memasukkan lagi nomor rekening.

Kemudian tinggal klik Lanjutkan (Continue). Setelah rekening bank tersimpan di profil. Saatnya proses withdraw alias penarikan dana. Tinggal klik Withdraw (Tarik). Setelah itu, PayPal menawari opsi penarikan apakah withdraw ke rekening bank atau ke kartu. Berhubung saya butuhnya ke rekening bank, saya pilih saja "Withdraw funds to your bank account" / "Tarik dana ke rekening bank Anda". Lalu setelah itu PayPal meminta untuk memasukkan berapa jumlah dana yang akan ditransfer ke rekening bank. Tinggal ditulis saja, saya kemarin mencoba 40 USD, yang nantinya akan diconvert menjadi IDR untuk memasuki Bank Muamalat. Berhubung saya withdraw-nya kurang dari Rp. 1.500.000 IDR, saya dikenai potongan fee sebesar Rp. 16.000 IDR. Lalu nunggu beberapa hari rekening bank akan ditransfer kiriman dari PayPal.

Dulu saya sempat bingung dengan kode bank yang berjumlah 7 digit angka. Padahal kode bank yang biasanya kita tahu ada 3 digit angka. Kalau browsing kesana kemari dapat info katanya 4 angka selanjutnya adalah kode cabang dimana kita buka rekening. Lhah, saya pun sempat mendatangi outlet Bank Muamalat di Pati. Hasilnya, mereka malah gak tahu tentang PayPal. Eh, sekarang gak usah mikir pusing lagi. Di situs PayPal sendiri telah menyediakan 7 digit angka yang dimintanya, tinggal pilih. Tinggal klik "What's this?" / "Apa ini?" seperti saya ceritakan di atas. Dan pilihan untuk Bank Muamalat hanya ada satu. Saya pun berpikiran paling-paling ini kode bank yang bisa dipakai seluruh nasabah Bank Muamalat dari Sabang sampai Merauke, gak peduli cabang mana. Jadi ya gak usah takut salah, kita tidak akan pernah tahu sebelum kita mencoba. Dan nyatanya berhasil.

Ada cerita lagi, dalam waktu menunggu proses transfer dana dari PayPal ke rekening bank, saya mencoba mengecek saldo rekening lewat phone banking (saya belum memakai internet banking). Nomor telepon Salam Muamalat sudah ganti dan katanya pindah ke nomor 500016. Tanpa pikir dua kali saya langsung menelpon nomor tersebut. Dan konyolnya malah nyambung ke contact center Pertamina. Sungguh konyol tiada tara. Saya pun bingung, saya putuskan beberapa hari lagi saya akan menelpon lagi. Dan hasilnya sama saja. Padahal saya sudah tidak sabar apakah proses withdrawal berhasil atau gagal hasilnya. Kemudian saya teringat pada nomor phone banking Salam Muamalat yang lama, yang sudah mati duluan, ada nomor depannya 0809. Langsunglah saya coba menambahkan 0809 sebelum 500016. Tapi malah "Nomor yang Anda tuju tidak dapat dihubungi". Saya coba melihat nomor phone banking Salam Muamalat yang terakhir baru saja diganti, ada nomor depannya juga, tapi beda yaitu 021. Ya saya coba saja pasangkan 021 dengan 500016 menjadi 021500016 dan hasilnya cespleng alias tokcer. Duh, nyoba-nyoba, bikin pulsa jebolll aja! Tapi jebolnya pulsa telah terbayar dengan bertambahnya saldo yang berarti telah berhasilnya proses withdrawal dari PayPal. Jadi settingan yang saya pakai di akun PayPal tadi semuanya benar dan tepat. Langsung deh beberapa saat kemudian meluncur ke ATM, ngambil uang buat beli ban motor yang sudah mulai alus, juga buat beli mouse baru karena mouse lama sudah rusak. Besok-besok lagi, buat upgrade RAM komputer.

8 comments:

  1. lumayan nih bwt masukan..

    ReplyDelete
  2. Wah iso toh mas...matur kesewun infonya...

    ReplyDelete
  3. nice info nih gan.. kebetulan pake syar-e juga..
    mudah-mudahan banyak rezky biar cepat narik juga,,

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Kira-kira antara dua hari sampai empat hari.

      Delete
  5. Thans atas ilmunya , smoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  6. Mas bisa konsultasi ga, tentang cara pembayarannya,masih belum faham, bisa contact saya di twitter @agilcahya , atau facebook Agil Cahya Pamungkas , atau main ke blogsaya www.agilcahyap.blogspot.com


    terimakasih mas info dan share pengalamannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oooo ini Mas Agil yang barusan ngobrol di twitter..

      Delete