Pengalaman Pertama Menjual Tutorial Photoshop

Friday, June 3, 2011

print this page
menulis
Karena Photoshop adalah salah satu software yang sangat handal dan menjadi andalan para desainer, maka tak heran banyak orang ingin mempelajarinya atau ingin memperdalam keahlian. Maka, mereka pun mengunjungi situs-situs desain untuk mencari tutorial. Diantara situs-situs desain yang populer tersebut ada yang menerima atau mau membeli tutorial Photoshop dari orang lain untuk diposting di situsnya, karena mereka sudah berhasil memonetisasi situs mereka itu.

Saya sendiri mengetahui tentang adanya situs-situs yang berani membayar untuk tutorial Photoshop berkualitas itu dari DesainDigital di salah satu postingnya. Sang pemilik DesainDigital sendiri, Mohammad Jeprie, sudah berkali-kali menulis tutorial Photoshop berkualitas untuk situs-situs populer di dunia. Dan saya pun tertarik juga untuk melakukannya. Yang mungkin menjadi masalah adalah dituntutnya kualitas tinggi untuk tutorial Photoshop tersebut sehingga bisa diterima. Selain itu, berhubung situs internasional, tutorial tersebut harus berbahasa Inggris. Tapi berita baiknya, tentu saja bahasa Inggris yang dibutuhkan tidak sesulit bahasa Inggris untuk untuk menulis artikel karena dibantu dengan gambar-gambar. Dan konsekuensinya harus membuat gambar-gambar pendukung, melakukan capture, sedikit editing dan sebagainya.

Nah, saat memulai untuk menulis tutorial, yang ada di benak saya adalah memikirkan tema atau tentang apa tutorial saya nanti. Tentang painting kah, atau desain interface, atau apa gitu? Setelah ngalor-ngidul dan ngetan-ngulon gak karuan, saya memutuskan membuat tutorial tentang menggambar. Mula-mula saya ingin menggambar ikon 3D jam pasir, tapi saya membatalkannya lantaran belum bisa melakukannya dengan baik. Akhirnya saya menggambar ikon home. Dan ikon home yang saya gambar bergaya "Mac". Desainnya bisa dibilang sederhana. Setelah menyelesaikan desainnya, saya pun mulai menulis tutorialnya. Sebagai pemula, saat ini saya belum tahu bagaimana sebaiknya apakah memang mendesain dulu baru membuat tutorial, atau mendesain sekaligus menulis tutorial.



menulis
Ternyata menulis tutorial tak seringan yang saya bayangkan, paling tidak untuk saat ini, saya masih sangat pemula. Mungkin akan ringan jika dilakukan dengan tidak menuntut kualitas. Saat menulis, tidak jarang saya didera rasa malas yang amat sangat. Dan ini tidak seperti rasa malas makan yang sering saya alami. Rasanya seperti mengulang proses desain dari awal, ditambah mengambil screenshot, dan juga usaha supaya tulisan saya bisa dimengerti orang. Ada juga halangan yang lain yaitu adanya job di dunia nyata. Dan tentunya kegiatan menulis tutorial ini saya tunda, hingga akhirnya saya punya waktu lagi untuk meneruskannya. Saya saat ini memang masih menerima kerjaan di dunia nyata walaupun sudah mulai melangkah untuk berhijrah. Selain itu, sering juga saya mengalami kebuntuan pikiran, ya maklumlah masih pemula sekali, belum apa-apa. Dengan tantangan tersebut, ditambah tertunda gara-gara ada kerjaan di dunia nyata, cukup lama baru saya berhasil menyelesaikan penulisan tutorial tersebut. Mungkin kalau gak salah sekitar tiga bulanan kira-kira. Hahaha.... mungkin penulis profesional akan menertawakan ini, tapi tak apalah. Sudah berhasil menyelesaikan juga merupakan keberhasilan buat saya, apalagi sampai bisa menjualnya ke situs luar negeri. Saya sampai senyum-senyum sendiri di depan komputer saat membaca email bahwa tutorial saya diterima. Dan seharian saya terus-menerus senyum-senyum sendiri.

Saya menjual tutorial tersebut ke situs PhotoshopTutorials.ws. Ada kelebihan dan kekurangan untuk penulis di sana. Kelebihannya antara lain pembayarannya cepat, dan cukup gede juga. Saya sendiri dibayar $150 untuk tutorial pertama saya itu, walaupun si admin bilang sebenarnya mereka tidak terbiasa menerima tutorial tentang menggambar ikon sederhana alias simpel, tapi lantaran dia lihat usaha saya untuk menjelaskan dalam tutorial tersebut terlihat sungguh-sungguh (sampai 50 langkah), akhirnya dia membuat pengecualian kali itu. Setelah saya meng-okay-kan tawarannya membayar $150, dia pun langsung mentransfer via paypal, padahal tutorial saya itu masih harus duduk manis di daftar tunggu yang cukup lama. Tutorial saya dibeli tanggal 1 Juni 2011 dan akan dipublish tanggal 11 Agustus 2011, cukup lama bukan? Dan kalau ada kelebihan tentu ada juga kekurangannya juga, diantaranya adalah kurang tereksposnya si penulis. Selain karena dari sisi layoutnya yang mungkin agak kurang bagus seperti yang diceritakan Mas Jeprie saat meng-comment status saya di Facebook, juga karena keaktifan para pengunjung situs yang tidak seaktif di situs psdtuts+, jadi personal branding si penulis masih kurang terdongkrak. Tapi sejujurnya untuk saat ini saya masih agak kurang pede jika langsung terekspos, ya karena kemampuan saya masih belum bagus. Memang karakter saya lebih "sluman-slumun slamet", Anda akan memahami jika pernah mempelajari pepatah Jawa. Selain itu sebenarnya saya sih masih matre melihat komisi yang cepat dibayar. Jadi tak perlu was-was dan deg-degan menunggu datangnya transferan... hehehe.... Ah sudahlah.

Ada pengalaman baru saat menulis tutorial ini, yaitu memasukkan tutorial ke html. Bener, saya sama sekali belum pernah melakukannya sebelumnya. Ini pun saya lakukan karena memang situs PhotoshopTutorials.ws menyediakan template html yang harus digunakan sebagai panduan oleh penulis. Setelah saya mencoba untuk melakukannya, ternyata gampang-gampang saja. Tidak ada masalah berarti. Dan setelah ini, saya akan berusaha menjual tutorial pada situs-situs lainnya, dan menjadikan ini sebagai salah satu pekerjaan baru saya.

2 comments:

  1. wah keren mas. saya dapet informasi baru niy... hehehe... salam kenal ya dari saya.

    ReplyDelete
  2. Tapi kayaknya susah ya, soalnya make bahasa inggris.. :(

    ReplyDelete