Tips Mengatasi Kebuntuan Pikiran

Saturday, May 12, 2012

print this page
kebuntuan pikiran

Kebuntuan pikiran, kadang dialami oleh para desainer grafis. Sebenarnya bukan cuma pada bidang ini, tapi juga para penulis, pelukis, film maker dan para kreator lainnya. Bahkan kalangan ahli otomotif atau para teknisi lainnya pun pernah dan sering juga mengalami kebuntuan pikiran ketika menghadapi pekerjaannya.

Ide yang macet, bad mood ditambah nggak niat akan memperburuk keadaan. Sebaiknya segeralah diperbaiki supaya pekerjaan tidak terbengkalai. Pada saat kita mendesain dan kemudian muncul kebuntuan, mungkin otak kita sedang kelelahan.

Cobalah untuk beristirahat sejenak.

Istirahatlah dengan tenang...:D. Perlu mengatur nafas dengan baik supaya kita mendapat ketenangan. Kalau stress kita tidak akan bisa bekerja dengan baik. Sekali-sekali bangkitlah dari duduk, tinggalkan sebentar komputer untuk mencari udara segar dan pemandangan alami. Pandanglah dedaunan atau pohon-pohon yang berada di kejauhan. Ini bisa mengistirahatkan mata yang sudah terlalu sering memelototi komputer yang tentu saja berjarak dekat. Terlalu lama tidak beranjak dari duduk di depan komputer juga membuat badan kita tidak nyaman yang nantinya juga ketidaknyamanan pikiran kita. Melakukan peregangan otot serta pemijatan ringan mungkin akan membuat lebih rileks.

img src

Lakukan kegiatan lain.

Melakukan aktifitas diluar aktifitas desain. Ini bisa saja membantu mengalirkan ide ke otak kita. Lakukanlah kegiatan-kegiatan ringan yang tak sulit untuk dikerjakan. Merawat tanaman, bersih-bersih ruangan, membaca buku, berkebun, mendengarkan lagu-lagu dan sebagainya. Banyak diantara desainer suka ngopi dan merokok. Mereka bercerita bahwa setelah menghisap rokok dalam-dalam dan mengepulkannya ke udara. Lalu kemudian merasakan datangnya "wahyu" padanya. Benarkah itu? Sebenarnya ini bukan rokoknya yang menghasilkan ide, tapi karena beristirahat menenangkan pikiran dengan melakukan aktifitas selingan. Dan kebetulan mereka melakukannya dengan merokok dan ngopi. Menikmati setiap sruput kopi yang harum. Asalkan jangan sampai gara-gara ngopi malah jadi kekurangan istirahat, ini juga kurang baik. Terlalu banyak merokok juga mengganggu kesehatan secara jangka panjang.

img src

Kehangatan hubungan antar manusia

Duduk di depan komputer sehari semalam bisa membuat kita jadi autis. Kebanyakan ngomong sama kompie, jarang ngomong sama manusia..:D. Kita bisa ngopi bareng teman di angkringan, bercengkrama ngobrol-ngobrol. Untuk sejenak mengistirahatkan otak dan melepas penat. Tapi jangan lupa dengan keluarga sendiri gara-gara nongkrong dengan teman. Bermesraan dengan istri/suami atau bercanda dengan anak pun bisa jadi pilihan..:). Bagi yang belum punya pasangan apalagi anak, bisa bercanda dengan keponakannya, atau dengan anak orang juga boleh... wkwkwkkk...

img src

Mengupayakan suasana baru

Suasana baru bisa juga untuk merefresh otak. Suasana ini bisa kita buat sendiri secara sederhana atau kita mencarinya. Dengan membuat sendiri, kita bisa sedikit mengubah ruangan kerja kita. Atau paling tidak merapikannya supaya terasa baru. Dengan mencari, antara lain dilakukan dengan jalan-jalan mencari ketenangan, meresapi keindahan alam dsb. Dan lebih baik jika melakukannya dengan jalan kaki. Selain lebih sehat, ini juga menyegarkan jiwa. Mencari sesuatu yang baru, yang jarang dilihat atau yang terlupakan. Kita juga bisa melakukan pembaruan pada diri kita, penampilan kita misalnya. Yang biasanya berpenampilan ngawur, kalau terus-terusan bisa juga menimbulkan kepenatan. Sekali-sekali berubah boleh lah..

img src

Tingkatkan spiritualitas

Nah, itulah fase-fase inkubasi alias pengeraman dimana kita mengistirahatkan badan dan otak. Telur kalau sudah melewati proses pengeraman kemudian akan menetas. Dan menetaslah telur kreatifitas kita. Supaya lebih sip, bisa kita tambahkan peningkatan spiritualitas kita. Sobat-sobat percaya gak sih kalau ide itu datangnya dari Tuhan? Jadi gak ada salahnya kalau kita merayu Tuhan supaya melancarkan lalu lintas ide kreatif di jiwa kita. Melalui pembersihan pikiran, tingkah laku dsb. Dengan kebeningan hati maka ilmu dari Tuhan akan lebih mudah datang. Secuil dari kreatifitas Tuhan yang mengilhami kita akan mengubah kita jauh lebih baik dalam berkarya.

img src

Merasa ada yang kurang? Silahkan jika ingin menambahkan masukan-masukan di kotak komentar.. :)

0 comments: